1. Definisi, tujuan, kendala, dan teknik penggunaan pendekatan Teknik
[1]Pendekatan teknik adalah pendekatan yang berdasar pada pemanfaatan media pembelajaran dan teknik-teknik pendidikan. Pendekatan ini berpendapat bahwa media dan teknik pembelajaran sangat berperan dalam menyampaikan pelajaran serta bisa merubah pengalaman belajar menjadi pengalaman yang nyata (terindra).
Yunus (1942:78) dalam bukunya التربية والتعليم mengemukakan bahwa media pembelajaran paling besar pengaruhnya bagi indra dan lebih dapat menjamin pemahaman. Orang yang mendengarkan saja tidaklah sama tingkat pemahaman dan jangka waktu pemahamannya dibandingkan dengan mereka yang melihat atau melihat sekaligus mendengarkan. Hamalik (1986) mengemukakan bahwa pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa.
[2]Kesuksesan media, teknik dan proses pengajaran berdampak pada munculnya orientasi baru pada bidang pengajaran asing. Pendekatan ini bertujuan memberikan cara untuk menjelaskan makna kata, tarkib-tarkib, gambar-gambar, peta, lukisan, menghadirkan contoh nyata, kartu dan lain sebagainya yang bisa membantu memahamkan siswa tentang pesan-pesan kata bahasa asing. Kegunaan media dalam pendekatan ini meliputi media pembelajaran yang bermacam-macam seperti kaset, video, radio, slides dan komputer serta berbagai multimedia pembelajaran.
Penggunaan segala media yang ada tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa kendala dalam pendekatan ini, antara lain :
Ø Membutuhkan daya kreatifitas guru yang lebih dalam pemanfaatan media yang ada karena kreatifitas pengajar menentukan kemaksimalan fungsi media sendiri.
Ø Tingginya biaya yang harus dikeluarkan guru untuk menyiapkan media yang memenuhi standar yang diinginkan sesuai dengan jumlah pengguna. Seperti penggunaan komputer, kalaupun tersedia namun juga mahal penyediaan software-nya.
0 komentar:
Posting Komentar